Tugas Pokok dan Fungsi

Secara umum Camat mempunyai tugas melaksanakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan Bupati dan tugas lainnya berdasarkan peraturan perundang-undangan. Disamping itu, sebagai penyelenggara pemerintahan di wilayah kerjanya, Camat mempunyai tugas melakukan koordinasi penyelenggaraan pemerintahan dengan instansi terkait di wilayah kerjanya sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Pekalongan Nomor 4 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Pekalongan dan Peraturan Bupati Pekalongan Nomor 48 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Kecamatan dan Kelurahan, meliputi :

  1. Menyelenggarakan urusan pemerintahan umum;
  2. Mengoordinasikan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan yang dilakukan oleh Perangkat Daerah di tingkat Kecamatan;
  3. Mengoordinasikan pemeliharaan prasarana dan sarana pelayanan umum;
  4. Mengoordinasikan upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum;
  5. Mengoordinasikan penerapan dan penegakan Peraturan Daerah dan Peraturan Bupati;
  6. Mengoordinasikan penyelenggaraan kesejahteraan masyarakat di wilayah kerjanya;
  7. Mengoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat, desa dan/atau kelurahan;
  8. Membina dan mengawasi penyelenggaraan kegiatan desa dan/atau kelurahan
  9. Melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan Kabupaten yang tidak dilaksanakan oleh unit kerja Pemerintah Daerah Kabupaten yang ada di Kecamatan; dan
  10. Melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh peraturan perundang-undangan.

Disamping tugas pokok sebagaimana tersebut diatas, Camat juga melaksanakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Bupati untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah, yang meliputi aspek :

  1. Perizinan;
  2. Rekomendasi;
  3. Koordinasi;
  4. Pembinaan;
  5. Pengawasan;
  6. Fasilitasi;
  7. Penetapan;
  8. Penyelenggaraan; dan
  9. Kewenangan lain yang dilimpahkan.
Close
Close