Sub Bagian Administrasi, Kepegawaian Dan Rumah Tangga

Dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris.

Kepala Sub Bagian Administrasi, Kepegawaian Dan Rumah Tangga mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan administrasi umum, rumah tangga dan kepegawaian.

Uraian tugas sebagaimana dimaksud, adalah sebagai berikut:

  1. Merencanakan dan mengonsep program dan rencana kerja serta rencana kegiatan Sub Bagian Administrasi, Kepegawaian Dan Rumah Tangga berdasarkan program kerja tahun sebelumnya sebagai pedoman kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai rencana kerja;
  2. Mempelajari dan menelaah peraturan perundang-undangan yang terkait dengan Sub Bagian Administrasi, Kepegawaian Dan Rumah Tangga dan yang terkait dengan bidang tugasnya;
  3. Membagi tugas, memberi petunjuk dan membimbing bawahannya dalam melaksanakan tugasnya berdasarkan jabatan dan kompetensinya untuk pemerataan dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;
  4. Meneliti/memeriksa dan menyelia pelaksanaan tugas bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  5. Melaksanakan konsultasi dan koordinasi baik vertikal maupun horizontal guna sinkronisasi dan kelancaran pelaksanaan tugas;
  6. Menyusun bahan kebijakan teknis Sub Bagian Administrasi, Kepegawaian Dan Rumah Tangga sesuai peraturan perundang-undangan dan petunjuk teknis sebagai bahan kajian pimpinan;
  7. Mengelola administrasi umum meliputi surat-menyurat, dokumentasi dan kearsipan secara efektif guna kelancaran pelaksanaan tugas;
  8. Mengelola administrasi perjalanan dinas dengan koordinasi, konsultasi, menyiapkan surat perjalanan dinas dan kendaraan dinas, serta penyelesaian pembayaran uang perjalanan dinas untuk kelancaran kegiatan;
  9. Mengelola administrasi kerumahtanggaan meliputi pengadaan dan pemeliharaan sarana prasarana kantor, penataan ruang kantor, pemeliharaan kebersihan, dan fasilitasi penyelenggaraan rapat dinas secara efektif guna kelancaran pelaksanaan tugas;
  10. Melaksanakan pengelolaan administrasi barang milik Daerah meliputi konsep usulan pengurus barang dan penyimpan barang, Rencana Kebutuhan Barang Unit (RKBU), usulan penghapusan aset tetap, aset tidak tetap, aset tidak berwujud dan barang persediaan, serta administrasi barang milik Daerah lainnya sesuai peraturan perundang-undangan guna tertib administrasi;
  11. Menyusun konsep laporan pertanggungjawaban pengelolaan barang milik Daerah sesuai pedoman pengelolaan barang milik Daerah guna tertib administrasi;
  12. Mengelola administrasi kepegawaian meliputi buku penjagaan kepegawaian, kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala, mutasi, promosi, usulan formasi kebutuhan pegawai, pembuatan Kartu Pegawai, Kartu Suami/Istri, Kartu Pegawai Elektronik (KPE), pengiriman peserta pendidikan dan pelatihan, pemberhentian/pensiun, memelihara file/dokumen kepegawaian dan urusan kepegawaian lainnya sesuai peraturan perundang-undangan bidang kepegawaian guna tertib administrasi;
  13. Mengonsep laporan kepegawaian meliputi rekap kehadiran, rekap apel pagi dan apel siang, nominatif Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)/Pegawai Negeri Sipil (PNS)/Pegawai Tidak Tetap (PTT), Daftar Urut Kepangkatan (DUK) dan laporan kepegawaian lainnya sesuai peraturan perundang-undangan dan petunjuk teknis guna tertib administrasi;
  14. Mengelola ketatalaksanaan meliputi sistem dan prosedur kerja sesuai target kerja guna kelancaran pelaksanaan tugas;
  15. Mengelola administrasi kehumasan meliputi penerimaan tamu, keprotokolan, upacara dan informasi publik secara efektif guna kelancaran pelaksanaan tugas;
  16. Melaksanakan sistem informasi administrasi umum, rumah tangga dan kepegawaian dengan inventarisasi data, mengolah dan menyajikan informasi agar tersedia data yang akurat;
  17. Melaksanakan pengawasan dan pengendalian kegiatan administrasi umum, rumah tangga dan kepegawaian dengan koordinasi, monitoring dan evaluasi agar diperoleh hasil optimal;
  18. Melaksanakan penilaian prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai peraturan perundang-undangan dalam rangka peningkatan karier, pemberian penghargaan dan sanksi;
  19. Mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan Sub Bagian Administrasi, Kepegawaian Dan Rumah Tangga berdasarkan program kerja agar sesuai target kerja;
  20. Membuat pelaporan pelaksanaan kegiatan Sub Bagian Administrasi, Kepegawaian Dan Rumah Tangga sesuai hasil pelaksanaan kegiatan sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan tugas; dan
  21. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis sesuai tugas dan fungsinya.

Close
Close