Seksi Tata Pemerintahan Dan Pelayanan Umum

Seksi Tata Pemerintahan Dan Pelayanan Umum dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Camat melalui Sekretaris.

Kepala Seksi Tata Pemerintahan Dan Pelayanan Umum mempunyai tugas melaksanakan pembinaan dan pengawasan, penyelenggaraan pemerintahan umum dan Desa/Kelurahan, administrasi kependudukan, pertanahan, pelayanan administrasi umum kepada masyarakat baik perizinan dan non perizinan sesuai peraturan perundang-undangan.

Uraian tugas sebagaimana dimaksud, adalah sebagai berikut:

  1. Merencanakan dan mengonsep program dan rencana kerja serta rencana kegiatan Seksi Tata Pemerintahan Dan Pelayanan Umum berdasarkan program kerja tahun sebelumnya sebagai pedoman kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai rencana kerja;
  2. Mempelajari dan menelaah peraturan perundang-undangan yang terkait dengan Seksi Tata Pemerintahan Dan Pelayanan Umum dan yang terkait dengan bidang tugasnya;
  3. Membagi tugas, memberi petunjuk dan membimbing bawahannya dalam melaksanakan tugasnya berdasarkan jabatan dan kompetensinya untuk pemerataan dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;
  4. Meneliti/memeriksa dan menyelia pelaksanaan tugas bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  5. Melaksanakan konsultasi dan koordinasi baik vertikal maupun horizontal guna sinkronisasi dan kelancaran pelaksanaan tugas;
  6. Menyusun bahan kebijakan teknis Seksi Tata Pemerintahan Dan Pelayanan Umum sesuai peraturan perundang-undangan dan petunjuk teknis sebagai bahan kajian pimpinan;
  7. Melaksanakan kegiatan pemerintahan umum melalui rapat koordinasi, pembinaan aparat Desa dan/atau Kelurahan serta pembinaan wilayah sesuai peraturan perundang-undangan untuk meningkatkan disiplin aparatur;
  8. Melaksanakan pelayanan administrasi kependudukan dengan mempelajari data agar terwujud tertib administrasi kependudukan;
  9. Memberikan pelayanan administrasi umum kepada masyarakat baik perizinan dan non perizinan dengan koordinasi, meneliti dan mengolah data, evaluasi dan pelaporan untuk meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat sesuai peraturan perundang-undangan dan petunjuk teknis;
  10. Melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan penarikan Pajak Bumi dan Bangunan di wilayah kerjanya dengan mempelajari dan menganalisa data serta koordinasi agar target yang telah ditetapkan tercapai;
  11. Melaksanakan pembinaan kepada Wajib Pajak dan Wajib Retribusi Daerah di wilayah kerjanya melalui koordinasi dengan Perangkat Daerah terkait guna meningkatkan pendapatan asli Daerah;
  12. Melaksanakan pembinaan dan pendataan bidang pertanahan dengan menghimpun dan mengolah data, koordinasi serta sosialisasi agar penggunaannya sesuai peraturan perundang-undangan;
  13. Melaksanakan pembinaan administrasi Pemerintah Desa dalam Penyusunan Produk Hukum Desa dan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa melalui monitoring dan evaluasi agar sesuai prosedur dan peraturan perundang-undangan;
  14. Melaksanakan pembinaan administrasi Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD) dan Pendapatan Asli Desa (PADes) melalui monitoring dan evaluasi agar sesuai peraturan perundang-undangan dan petunjuk teknis;
  15. Mengelola data perangkat Desa dan/atau Kelurahan dengan menghimpun dan mengolah data untuk bahan pembinaan terhadap perangkat Desa dan/atau Kelurahan;
  16. Memfasilitasi pelaksanaan Pemilihan Umum, Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, dan Pemilihan Kepala Desa serta Pengangkatan Perangkat Desa dengan koordinasi, mempelajari dan mengolah data agar pelaksanaan berjalan dengan lancar;
  17. Menyusun laporan monografi dan laporan kependudukan secara berkala dengan menghimpun dan mengolah data dari masing-masing unit kerja Perangkat Daerah dan instansi di Kecamatan, Desa dan/atau Kelurahan sesuai peraturan perundang-undangan agar tersedia data kependudukan yang dinamis dan akurat;
  18. Menyusun laporan pertanahan secara berkala dengan menghimpun dan mengolah data agar tersedia data pertanahan yang akurat;
  19. Melaksanakan penilaian prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai peraturan perundang-undangan dalam rangka peningkatan karier, pemberian penghargaan dan sanksi;
  20. Mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan Seksi Tata Pemerintahan Dan Pelayanan Umum berdasarkan program kerja agar sesuai target kerja;
  21. Membuat pelaporan pelaksanaan kegiatan Seksi Tata Pemerintahan Dan Pelayanan Umum sesuai hasil pelaksanaan kegiatan sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan tugas; dan
  22. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis sesuai tugas dan fungsinya.

Close
Close